Saturday, November 15, 2014

Cerita Tante Kesepian Berbisnis Online

Apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata Tante Kesepian? Mungkin gambaran kalian tentang itu adalah sosok perempuan sexy, hasrat seksualnya bergejolak dan butuh pemenuhan secara biologis karena barangkali dia tidak mendapatkan kepuasan dari pasangannya atau dia sosok perempuan yang sendiri atau janda, lalu mungkin juga gambaran yang muncul di benak kalian adalah wanita-wanita yang kaya, terpenuhi kebutuhan materinya dari suaminya namun tidak cukup terpenuhi birahi seksualnya sehingga mencoba-coba mencari jalan pemenuhan di luar hal yang semestinya, dia berbuat selingkuh, dan kalian berharap bisa bertemu dengan sosok yang seperti itu?!

Wah, kalau demikian adanya kasian sekali makhluk yang bernama Tante Kesepian. Wajahnya hampir seluruhnya berbau nafsu dan birahi yang memuncak. Padahal tidak selalu begitu. Tante Kesepian boleh jadi adalah sosok wanita yang sangat ideal, kaya secara materi, harmonis rumah tangganya, segalanya tercukupi, namun ada hal yang menurutnya belum terpenuhi. Dan hal itu bisa jadi adalah kebutuhan aktualisasi diri. Mungkin saja Tante Kesepian sejatinya sosok yang ingin selalu mandiri sejak kecil atau saat dia muda dulu, namun karena situasi keberuntungan sehingga membuat dia jadi istri seorang suami yang kaya raya membuat dia terbatas dalam hal mengungkapkan dirinya sendiri. Sebetulnya dia ingin punya penghasilan sendiri dengan berbisnis, namun oleh suaminya dilarang. Atau dia mungkin ingin beraktivitas sosial yang lebih namun keadaan membatasi seperti kewajiban dia harus mengurus segala urusan rumah tangga termasuk anak-anak. Nah, kesepian di sini hanya merujuk kepada kondisi tidak terpenuhinya kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri secara positif di tengah masyarakat.

Nah, jenis Tante Kesepian di sini adalah makhluk sejenis itu. Dia ingin mengekspresikan diri secara positif dan lebih memberdayakan dirinya. Dia merasa kesepian karena dorongan untuk berbisnis di luar ruamh acapkali masih terhalang oleh urusan-urusan domestik rumah tangga. Jalan keluar dari persoalan tersebut adalah berbisnis online. Berbisnis yang secara nyata bisa dilakukan di rumah tanpa meninggalkan kewajiban sebagai seorang ibu yang menjaga anak-anak dan memenuhi kebutuhan suami dan sebagainya.




Pilihan Tante Kesepian jatuh kepada bisnis membuka toko pusat oleh-oleh khas Surabaya. Alasannya sederhana, Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia dan menjadi sentra kegiatan ekonomi utama. Surabaya menjadi tujuan wisata atau berkunjungan terlihat dengan semakin banyaknya hotel-hotel dibangun, mulai kelas budget hotel hingga hotel berbintang. Kemudian fakta yang semakin memotivasi Tante Kesepian untuk memilih membangun bisnis jualan oleh-oleh khas Surabaya adalah data dari mesin pencari Google bahwa pencarian terhadap kata kunci “oleh oleh khas Surabaya” relatif cukup tinggi, rata-rata per bulan 4400 pencarian. Ini data yang valid dan butuh tindak lanjut yang serius untuk menjadikan potensi tersebut menjadi peluang yang tergarap.

Bisnis online telah sedemikian menggurita. Oleh karena itu, Tante Kesepian tak ingin melewatkan masa keemasan dunia digital dengan mengambil keputusan untuk berbisnis jual oleh-oleh khas Surabaya. Surabaya adalah kota dengan daya dukung ekonomi kreatif yang luas. Daerah-daerah di jawa timur adalah sentra-sentra usaha kecil menengah atau UKM yang siap setiap saat memasok produk-produk unik dan dibutuhkan pasar. Inilah cara kreatif untuk keluar dari lingkaran kesepian sebagai seorang tante. Jadi, stigma tentang sosok wanita yang haus seks bisa dijauhkan sejauh-jauhnya. Kalau masih ada gambaran yang negatif tentang tante kesepian itu berarti otakmu masih kotor! Semoga tidak permanen yang membuatmu sulit move on!

No comments:

Post a Comment